27 November 2009

HOCKEY

Diposting oleh PERMAINAN |


HOCKEY
Orang-orang Persia ,Yunani dan Roma sejak dulu kala telah diketahui memainkan bola dengan tongkat.Pada Kerameikos Athena di ketemukan relief yang berisikan orang membawa stik hockey.Kemudian perkembangan hockey dari jaman Persia, Yunani dan Roma ini sampai sekarang tidak diketahui.Selain bangsa-bangsa tersebut diatas ,bangsa-bangsa lain memainkan bola dengan tongkat. Juga seperti di Amerika Utara,dan Selatan mereka bermain bola dengan tongkat yang disebut "Chinny".
Perancis mengemukakan bahwa permainan Hockey terjadi dari permainan Crosse-nya,sedang Inggris mengemukakan bahwa permainan bandy mendasari permainan hockey.Istilah Inggris"Hockey" berkembang dari kata-kata perancis "hoquet" yang berarti tongkat yang bengkok.Tetapi ada juga teori yangn mengemukakan bahwa nama hockey terjadi dari kata-kata Inggris "hookeel".Peraturan yang pertama disusun di Inggris pada Tahun 1883.Tahun 1900 berdirilah International Hockey Board dengan penanggung jawab Hockey Assocition Inggris,Irlandia,Wales. Tahun 1924 di Perancis berdirilah Federasi Hockey dunia yang diberi nama Federation Internationale de Hockey.dengan nama F.I.H . Dan Tahun 1928 hockey mulai dipertandingkan pada Olympiade.
Field Hockey atau disingkat Hockey sudah dikenal di Indonesia sebelum perang dunia ke II yang di bawa oleh bangsa Belanda masuk ke Indonesia .Semula kaum penjajah yang gemar Hockey mendirikan perkumpulan-perkumpulan dan kemudian berkembang secara baik di kalangan belanda atau bangsa eropa yang lain. Hanya sejumlah bangsa Indonesia yang beruntung dapat diperkenankan ikut dalam perkumpulan-perkumpulan itu.Kemudian hockey di ajarkan disekolah-sekolah tingkat SLA terutama hanya diikuti bangsa Eropa di Indonesia.Juga kalangan ketentaraan hockey dapat berkembang .Di Jogjakarta ada perkumpulan hockey yang anggautanya terdiri dari para bangsawan. Pada Tahun 1951 hockey dimainkan dalam PON II di Jakarta Persatuan Hockey Seluruh Indonesia berdiri pada tahun 1954 dengan singkatan P.H.S.I.Sejak berdiri P.H.S.I ini barulah ada kegiatan hockey Indonesia mengikuti pertandingan-pertandingan international.

0 komentar: